Ibu rumah tangga,  mahasiswi, karyawan,  jadi reseller bisnis penghasilan puluhan juta / bulan, modal kemauan dan android aja. Daftar bisnis gratis disini!!

#KerjaDariRumah #BisnisDariRumah
Reseller Indonesia | Reseller kecantikan | Reseller Nu Skin  |

7 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Sehari-hari

Apakah kalian sudah tau tentang manfaat buah naga? jika kalian belum tau rugi banget deh pokonya...  Buah naga atau dalam istilah latinnya disebut Pitaya merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Buah naga sebenarnya berasal dari negara-negara benua Amerika seperti di Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah.
 
Istilah buah naga sendiri berasal dari sebutan Thang loy (bahasa Vietnam). Sebutan ini dilatarbelakangi kepercayaan warga Vietnam yang kebetulan juga lekat dengan budaya China mengenai berkah yang diperoleh dai buah ini. Kebudayaan orang Vietnam dan China yang selalu meletakkan buah naga diantara dua ekor patung naga pada suatu acara kemudian diterjemahkan oleh masyarakat dengan istilah buah naga / dragon fruit.
 
Manfaat buah naga untuk kesehatan berikut ini tidak kalah besar dibandingkan dengan berbagai jenis buah lainnya.Baik buah naga merah ataupun buah naga putih sama-sama memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang bermanfaat bagi tubuh kita.  Buah naga merupakan buah yang berbentuk unik, kulit berwarna merah dan dagingnya pada umumnya berwarna putih atau merah tua berbiji halus. Buah naga sangat baik untuk tubuh manusia karena memiliki kandungan seperti vitamin C, vitamin B1, asam folat, serat dan karoten.

Manfaat Buah Naga


Sebelum membahas manfaat buah naga ini, ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi buah naga.
[easytable caption=”Tabel Kandungan Gizi Buah Naga” tablesorter=”0″]
Gizi, Jumlah/100 gram, % AKG harian, keterangan
Air, 87 g, NA, Sangat kaya akan air
Protein, 1.1 g, 2.1 %,
Lemak, 0.4 g, NA,Praktis tidak ada lemak
Karbohidrat, 11.0 g, 3.4 %,
Serat, 3 g, 12 %,Sumber serat yang cukup tinggi
Vitamin B1 (Thiamine), 0.04 mg, 2.7 % ,
Vitamin B2 (Riboflavin), 0.05 mg, 2.9 %,
Vitamin B3 (Niacin), 0.16 mg, 0.8 %,
Vitamin C (Ascorbic Acid), 20.5 mg,34.2 %, Mengandung 3x lebih banyak dari wortel
Kalsium (Ca), 8.5 mg, 0.9 %,
Besi (Fe), 1.9 mg, 10.6 %,Sumber besi yang cukup baik
 
beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah Kanker

Kita tahu bahwa kanker merupakan penyakit yang sanagat berbahaya dan termasuk salah satu jenis penyakit mematikan. Penyakit ini sulit dan mahal untuk diobati, salah satunya dilakukan dengan kemoteraphi. Oleh karena itu kita dapat melakukan pencegahan dengan sering mengkonsumsi buah naga, hal tersebut karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah naga. buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.
.

2. Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah. Diabetes juga bisa disebabkan karena keturunan. Apabila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes, seringlah mengkonsumsi buah naga agar resiko anda mengalami diabetes semakin kecil. Buah naga banyak mengandung vitamin B3 yang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Apabila kadar gula darah dapat dikontrol maka resiko diabetes dapat diminimalisir.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Seperti halnya kanker, penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Oleh karena itu lebih baik kita mengantisipasinya daripada harus mengobati. Kandungan yang terdapat dalam buah naga juga dapat mengatasi serangan jantung. Salah satunya adalah mengandung Vitamin B3 sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Mengingat bahwa buah naga pada dasarnya “membersihkan” bagian tubuh manusia maka ia juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan yang berhubungan dengan pembuluh darah lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah naga juga bisa digunakan untuk menjadi pengganti susu karna dalam buah naga banyak sekali kandungan mineralnya sehingga dapat membantu pertumbuhan tulang, dan juga dapat memperkuat tulang. Kandungan kalsium dan forsor yang terdapat dalam buah naga cukup tinggi. Menjaga kekuatan tulang merupakan langkah anda untuk mengurnagi resiko osteoporosis dan permasalahan tulang yang lainnya.. Hal tersebut di ungkapkan oleh FAO yang merupakan badan PBB yang mengurusi masalah pangan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah naga juga sangat berguna bagi kesehatan mata Anda. Hal ini dikarenakan kandungan betakaroten yang tinggi yang dalam buah naga. Jika Anda bosan mengkonsumsi wortel, kini Anda bisa mengkonsumsi buah naga untuk membantu menyehatkan mata Anda. Biasakan rutin untuk mengkonsumi buah naga agar mata anda lebih sehat dan jernih.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bila anda ingin badan anda tidak mudah sakit, selain berolahraga dan istirahat yang cukup tentu saja anda perlu memilih makanan yang baik dan memiliki kandungan yang cukup. Sistem kekebalan tubuh yang rendah akan mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan sering terserang penyakit. Kandungan vitamin C, protein, dan potassium dalam buah naga dipercaya mampu menangkal penyakit yang datang. Jika anda merupakan orang yang gampang sakit saat pergantian musim, sebaiknya anda mencoba mengkonsumsi buah naga secara rutin.

7. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah naga juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat aliran darah menjadi lancar. Kandungan vitamin C yang tinggi, anti oksidan, flavonoid dan magnesium pada buah naga dapat melenturkan arteri pada tubuh. Selain itu imbangi juga dengan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan dengan mengkonsumsi menu makanan yang sehat.

Sebenarnya banyak sekali kandungan buah naga yang bisa kita manfaatkan untuk kehidupan dan kesehatan kita sehari. Dan buah naga ini mudah untuk dikonsumsi selain rasanya yang enak kita dapat membuat jus  dari buah naga atau langsung dimakan. Anda dapat menambahkan buah naga kedalam menu harian untuk memenuhi kebutuhan dan kesehatan tubuh sehari-hari. Selamat mencoba!
Previous
Next Post »